Jumat, 04 Mei 2018

Abah Rahman, 1 di Antara 6 Paranormal Nusantara

DI ANTARA praktik tukang ramal serta dukun indigo yang menyebar di nusantara, Abah Rahman muncul di tengah-tengah itu dan berpijak pada kekuatan alam gaib. Ia lahir dari rahim bernama wangsit. Ini perbedaannya.

Fenomena dunia mistik dan paranormal negeri ini bukanlah cerita baru. Mulai Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua, peran dunia okultisme sudah setua peradaban nusantara. Saking tua, dukun atau paranormal jaman now tak lagi digambarkan sebagai sosok yang penuh misteri. Berjenggot panjang. Pakai jubah. Penyendiri. Menyeramkan. Tidak. Itu sosok dukun masa lalu.

Abah Rahman, paranormal asal Medan yang pamornya lagi moncer, malah senang sharing pengalaman lewat blog. Menceritakan pengalaman-pengalaman mistis di media sosial. Dia supel. Bergaul dengan siapa saja. Karena itulah, sosoknya dikenal sebagai paranormal gaul. Pun cashing berubah, tipikal praktik mistik di Tanah Air diketahui tetap seperti doeloe.

Setidaknya, ada 6 jenis dukun atau paranormal yang dikenal dari zaman baheula sampai era milenial ini. Apa saja? Pertama, Dukun Siwer. Ia berfungsi untuk mencegah kemalangan atau bencana. Dukun Prewangan. Ini cenayang yang dikenal memiliki kemampuan untuk berhubungan langsung dengan makhluk halus. Perannya menghubungkan manusia dengan roh.

Trus, Dukun Beranak. Ini selalu membantu persalinan. Dukun Susuk. Dukun yang satu ini ahli dalam memasukkan atau membenamkan jarum -berukuran satu sentimeter, halus, terbuat dari bahan emas, berlian, ataupun batu kristal- ke bagian tubuh manusia untuk kepentingan kecantikan, karir, kewibawaan, dan sebagainya.

Dukun Jampi. Ia yang dianggap sangat mampu mengobati dengan ragam obat-obat tradisional. Dan yang terakhir : Dukun Santet. Ini dukun yang ahli dalam menganiaya dan mencelakakan lawan. Nah, secara antropologi, enam jenis dukun itu hidup dalam belantara black magic dan white magic. Ya, ada dukun ilmu hitam, ada pula yang berilmu putih.

Nah, Abah Rahman, sosok paling dibicarakan dalam sejarah keparanormalan di Medan dekade terakhir ini 'hidup di belantara' mana? "Saya tentu berilmu putih. Saya salah satu orang yang mendapat kehormatan karena sejak dulu dipercaya sebagai perantara (manusia) dengan dunia gaib. Lewat kekuatan magis atau supranatural, sifat utama dari ilmu putih tentu menolong dan menyembuhkan," jelas Abah Rahman, Rabu (2/5/2018) lalu.

Lalu, dari warna 6 dukun itu, Abah Rahman masuk kategori apa? Tipikal paranormal bertubuh subur ini ada di antara enam dukun nusantara. Itu diucap
Jimmi, penjaga kelestarian situs Pancur Gading. Ini areal pemandian Putri Hijau di Delitua, Deliserdang, Sumatera. Menurutnya, praktik Abah Rahman kental dengan karakter Dukun Prewangan. Warga asli Delitua itu memang diketahui sering melihat praktik perdukunan Abah Rahman. Penggemar filsafat dan metafisika itu lalu mengurai mistifikasi soal itu.

"Begini. Ada okultisme yang bersifat alamiah. Kemampuan itu biasanya dimiliki seseorang sejak lahir. Karena kelebihan itu, orang itu pun dikenal punya bakat alam. Ia bisa mendengarkan sesuatu yang tidak bisa didengar orang lain. Melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat banyak orang. Atau membaca pikiran orang lain. Kemampuannya dikenal untuk meramal kejadian yang akan datang," beber Jimmi.

"Nah," sambungnya, "kemampuan okultisme yang ada pada Abah Rahman tidak seperti itu. Okultisme yang dianut beliau murni bersifat supranatural. Artinya, Abah Rahman memiliki kemampuan menembus alam gaib setelah belajar atau berguru lewat tuah makam-makam keramat yang memberinya wangsit. Uniknya, dia diam-diam mendalami demonologist. Jarang ada dukun seperti itu."

Demonologist adalah ilmu yang secara ilmiah mengurai dunia makhluk halus. Karena berpijak pada kekuatan gaib, cara Abah Rahman mengobati pasien pun tidak bisa dilihat secara kasat mata. Tapi hasilnya bisa dirasakan pasien. Karena itu pula, seusai ritual, Abah Rahman sering meminta testimoni dari pasiennya. Ini untuk memastikan manfaat pengobatannya memang bukanlah hoax alias kebohongan.

Lewat karomah roh-roh leluhur yang sering berkomunikasi dengan Abah Rahman, paranormal ini pun dikenal memiliki seabreg kemujaraban. "Menyembuhkan penyakit medis, penglaris, pengasihan. Pengasihan itu untuk daya tarik, menarik konsumen. Juga untuk yang susah dapat jodoh atau soal asmara, perkawinan terancam cerai, juga pasang susuk, buka aura pengasihan itu beda. Dan pasang susuk banyak macam-macamnya. Bisa juga bantu mengusir makhluk gaib," beber Abah Rahman soal kemampuannya. Penasaran? (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar