Senin, 31 Desember 2012

Achmad Soekarno


Ketika dilahirkan, Soekarno diberi nama Kusno Sosrodiharjo oleh orang tuanya. Namun karena ia sering sakit maka ketika berumur lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya. Nama tersebut diambil dari nama seorang panglima perang dalam kisah Bathara Yudha yaitu Karna. Nama “Karna””menjadi “Karno” karena dalam bahasa Jawa huruf a berubah menjadi o sedangkan awalan su memiliki arti baik.

Di beberapa negara Barat, nama Soekarno kadang kadang ditulis Achmed Soekarno. Hal ini terjadi karena ketika Soekarno pertama kali berkunjung ke Amerika Serikat, sejumlah wartawan bertanya tanya, siapa nama kecil Soekarno ?. Maklum, kala itu, mereka tidak mengerti kebiasaan sebagian masyarakat di Indonesia yang hanya menggunakan satu nama saja atau tidak memiliki nama keluarga. Entah bagaimana, seseorang lalu menambahkan nama Achmed di depan nama Soekarno. Hal ini pun terjadi dibeberapa Wikipedia bahasa Ceko, Bahasa Wales, Bahasa Denmark, Bahasa Jerman, dan Bahasa Spanyol.

Soekarno sendiri menyebutkan bahwa nama Achmed didapatnya ketika menunaikan ibadah haji. Dalam beberapa versi lain, disebutkan pemberian nama Achmed di depan nama Soekarno, dilakukan oleh paran diplomat muslim asal Indonesia yang sedang melakukan misi luar negeri dalam upaya untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan negara Indonesia oleh negara-negara Arab. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar