Posts

Showing posts from February 19, 2013

KAMUS KLENIK

A Amit-amit :      Mohon izin pada penunggu tempat sakral. Anjangsana :   Pergi dengan tujuan tapa ngrame, menolong sesama. Asih :               Watak belas kasihan kepada sesama makhluk.
B Badan Alus :   Roh orang yang meninggal. Balak :             Bencana dari gangguan hantu. Bang Wetan : Wilayah Jawa bagian Timur. Bekakak :        Ritual penyembelihan korban untuk hantu. Blangkemen : Tak bisa bicara karena terkena guna-guna. Bleger :            Perwujudan hantu.
C Cakramanggilingan :   Perputaran nasib hidup, kadang di atas dan di bawah. Cikal bakal :                Roh yang paling awal di sebuah wilayah
D Daya Linuwih :           Kekuatan sakti seseorang Dhahar Kembul :         Makan bersama-sama Dhawuh :                    Perintah gaib dari Tuhan Dhedhengkot :            Pimpinan Hantu Dhingkel :                   Bagian tungku untuk memasak Dicengklak :                Dibawa pada bagian punggung Dikersakake :              Diinginkan oleh hantu, oleh kekuatna adi kodrati. Dilarung :         …

Sisi Gaib Kanal Marindal

Image
PETUALANGAN kali ini, saya akan membawa Anda melihat dimensi gaib Kanal Marindal. Sebuah saluran air yang tujuannya mengantisipasi banjir. Namun kalau kita lihat tempat itu sekarang jadi gudangnya makhluk halus. Karena selain dingin, lembab dan berlumut, kawasan inilah yang tersisa pas dijadikan tempat tinggalnya makhluk gaib.
Jika sekali waktu Anda melintasi Jalan AH. Nasution, menuju Pajak Deli Tua, tentulah melewati daerah ini. Sebuah sungai yang sudah dibeton dinding kiri kanannya. Namun seiring berjalannya waktu, semak belukar dan dinding yang berlumut kerap kita lihat di sisi kiri kanan kanal.
Menurut penerawangan saya, di tempat inilah sekarang jadi tempat tinggalnya makhluk halus yang berada di kawasan Deli Tua dan sekitarnya. Pasalnya, hutan, semak belukar, telah dijadikan tempat pemukiman. Alhasil, para makhluk halus tersebut kemudian pindah dan memilih tempat di kanal marindal.
Disamping itu, arwah arwah penasaran juga banyak di tempat ini. Pernah peristiwa  Mei 2011, bayi ber…