Kamis, 03 Mei 2012

ILMU FIRASAT, UNGKAPAN WATAK MANUSIA MULAI DARI KEADAAN RAMBUT HINGGA UJUNG KAKI

    Adalah bukan tanpa alasan, mengapa pada zaman dahulu ilmu firasat berdasarkan ciptaan Imam Safi’I sebagai ungkapan rahasia Tuhan, hanya boleh diketahui oleh para raja dan satria yang berjiwa agung dan bijaksana. Sebabnya adalah sudah barang tentu, karena setelah mengetahui rahasia watak satu-satunya manusia, yang baik maupun yang buruk, mereka yang jiwanya agung dan bijaksana hanya menampungnya untuk dirinya sendiri tidak dibuka pada setiap orang.
    Inilah yang diharapkan oleh para pembaca, agar cukup berjiwa agung dan mulia, untuk tidak menyalah gunakan pengetahuannya, setelah dapat mengungkapkan rahasia wak sesama manusia berdasarkan seluruh tubuh, mulai dari rambut hingga ujung kakinya.
    Sebab barang siapa melakukan hal ini bukan untuk menimbulkan bahan persengketaan antara sesama, karena bersengketa adalah sirikan Allah, tidak akan lepas dari kutukan Allah atas dosa tersebut.
    Berdasarkan hati bersih, jujur dan bijaksana hanya bertujuan demi kebaikan dan keselamatan bersama, hendaknya anda memulai mempelajari ilmu firasat ungkapan Imam Syafi’i ini.
    Selamat membaca dengan i'tikat yang suci dan jauh dari tujuan yang tidak semestinya.

RAMBUT
1.    Kaku    :    Hati kaku, kasar kelakuannya, pikirannya pendek.
2.    Berpucuk merah    :    Lambang durjana, pikirannya kurang teratur dan hatinya kurang jujur.
3.    Lemas    :    Pendiriannya tidak teguh, mudah kena pengaruh
4.    Keriting    :    Terlalu pemberani kurang pertimbangan. (perhitungan)

KEPALA
1.    Besar, bundar    :    Hati pemurah, pemikirannya cerah (pikiran terang dada lapang).
2.    Kecil    :    Pelupa, kurang memiliki pikiran-pikiran baik.
3.    Penjol    :    Kurang teguh pendiriannya.
4.    Sedang, bundar    :    Berbakat menjadi ahli pikir, bersih hatinya.
DAHI
1.    Lebar dan rata    :    Pemurah dalam segala (lapang pikiran)
2.    Sempit    :    Kikir suka menggerutu.
3.    Panjul/menonjol    :    Cerdas tetapi kadang-kadang terlalu cepat dalam menarik kesimpulan.
4.    Sedang    :    Cerdik cerdas, halus budi pekertinya dan ramah.

TELINGA
1.    Lebar    :    Besar keinginannya, walau kadang menghadapi orang kurang semestinya, pengecut malas (penakut dan pemalas).
2.    Kaku    :    Congkak, angkuh, suka bertirakat (tapa).
3.    Sempit (kecil)     :    Pelupa, kaku hatinya, tetapi setia, teguh pendiriannya.
4.    Sedang    :    Bijaksana, dermawan.

ALIS (Kening)
1.    Tebal    :    Tebal keyakinan dan pendiriannya, agak kurang jujur hatinya.
2.    Berpadu    :    kasar kelakuan, cepat marah, ingkar janji dan penakut
3.    Runcing-Ramping
      (Kecil)     :    Suka bersolek (berdandan) rapi dan pendiriannya seperti orang bangsawan.
4.    Sedang    :    Bijaksana, banyak akal dan budinya yang luhur dan mulia.

BULU MATA.
1.    Menancap    :    Rapi dandanannya, suka akan milik orang lain, sering menderita sakit mata.
2.    Tegak (kaku)     :    Tinggi hati mudah kaget, heran terpesona terhadap segala sesuatu.
3.    Teguh, Mapan    :    Luas Pemikirannya, pendiam, berhati baik.
   
MATA
1.    Bendul    :    Penakut pendek pikiran, dan tidak teguh pendiriannya.
2.    Cekung    :    Besar nafsunya untuk memiliki segala yang dipunyai orang terong.
3.    Cekung dengan alis
Condong ke bawah    :    Hatinya mudah cemas dan takut
4.    Bertahi lalat    :    Kurang jujur dan lemah pendiriannya.
5.    Semu kuning    :    Baik hati, penyabar.
6.    Semu biru    :    Kurang jujur, segala niatnya yang tidak baik dengan segala daya hendak dikejarnya terus.
7.    Sinarnya tajam    :    Teguh pendirian, tebal kepercayaannya, hatinya lurus (lempang)
8.    Sedang    :    Bijaksana pikiran maupun tindakannya.
9.    Kecil (sempit)     :    Tidak tahu diuntung (tidak kenal terima kasih pada jasa/ Pertolongan orang).
10.    Jereng    :    Suka akan barang milik orang lain, selalu mencari kesempatan.
11.    Hitamnya kedalam    :    Pelupa, bingungan dan kurang jujur hatinya.
12.    Bulat telor    :    Mata keranjang.
13.    Kecil hitamnya
Lebar putihnya    :    Suka memperturutkan kehendak sendiri, kurang sopan santun.
14.    Besar bidang hitamnya    :    Awas pandangannya, sederhana watak dan tingkah lakunya.
      15  .Mata juling                    :   maklum bos cacat dari lahir
KEDIP
1.    Berkedip jarang    :    Tinggi hati teapi mudah dipengaruhi orang.
2.    Berkedip kerap    :    Cerdas tetapi bosanan.
3.    Berkedip normal    :    Bijaksana, suci, jujur.

HIDUNG
1.    Kecil    :    Pelupa, kurang pertimbangan baik/buruk.
2.    Besar    :    Kikir, lemah daya pikirannya dan daya tangkapnya (tanggapannya).
3.    Runcing    :    Berhati bersih, berbakat kaya tapi pelupa akan segala kesucian apabila sudah kaya.
4.    Besar ujung    :    Hidung belang atau mata keranjang.
5.    Pesek    :    Pemalu, pelupa dan suka makan enak.
6.    Sedang    :    Luas pikirannya, bijaksana.

LUBAN HIDUNG
1.    Sempit    :    Durjana, mata keranjang (hidung belang).
2.    Lebar    :    Bernafsu besar akan makanan enak, selalu mencobai makanan apapun.
3.    Sedang    :    Bersahaja, bijaksana.

MULUT
1.    Lebar    :    Suka makanan (rakus), pikiran kacau.
2.    Sempit    :    Tahan lapar, sopan, bijaksana, kuat akal pertimbangannya tentang baik atau buruk.
3.    Sedang    :    Bijaksana, halus tingkah lakunya.

BIBIR
1.    Tebal    :    Hatinya dingin, beku, pendek pikiran, dan kurang kebranian.
2.    Tipis    :    Banyak tutur katanya, bawel mempersoalkan baik atau buruk.
3.    Sedang    :    Halus perangainya, pemurah dan peramah.

GIGI
1.    Besar-jarang    :    Rakus, banyak makan
2.    Kecil-rapat    :    Tahan lapar.
3.    Kecil-jarang    :    Tidak jujur, rakus.
4.    Tidak teratur tongos    :    Suka serba terburu-buru, kurang pertimbangan.
5.    Condong ke dalam    :    Berkurang rasa kecemasan (kecil hati) yang merupakan bakatnya.

DAGU
1.    Runcing    :    Bawel, suka kurang pertimbangan memarahi orang.
2.    Rata    :    Betah lapar.
3.    Sedang    :    Suka banyak menghimpun falsafah dan pikiran suci (besih)
LEHER
1.    Panjang    :    Penakut, kurang panjang pikirannya, beranggapan besar dirinya serba tahu ketertiban, kebersihan (kerapian), suka bersolek.
2.    Pendek    :    Pelupa, berhati kaku tetapi pikiran panjang.
3.    Papak    :    Tledor, serba tidak kebetulan, pikiran acapkali kacau.
4.    Jenjang    :    Pikiran bersih, berbakat kaya, halus budi pekertinya.

BAHU (Pundak)
1.    Tebal    :    Kasar tingkahnya, pendek dan gelap pemikirannya.
2.    Tipis    :    Lebih mengutamakan lagak lahir, suka ongkang-ongkang (berpangku tangan) kurang kegiatan dalam bekerja.
3.    Sedang    :    Cerdik cerdas, ramah dan kuat, mantap daya pikirannya.

BAHU
1.    Panjang    :    Kurang jujur hatinya, tetapi ramah dan sopan, cekatan tingkah lakunya.
2.    Pendek    :    Lemah pikiran, kaku sikap dan bekerjanya.
3.    Sedang    :    Bijaksana, cerdas akal pikirannya.

JARI-JARI TANGAN
1.    Tebal ujungnya    :    Serba tergesa-gesa tingkahnya dan pekerjaanya.
2.    Pendek tebal    :    Kurang jujur, suka bergunjing dan suka makan.
3.    Halus pipih    :    Cerdik, cerdas akan pikirannya.
4.    Besar pucuk kuku    :    Pikiran dan hatinya kurang baik, cenderung kearah jahat.
5.    Pendek    :    Hatinya kurang baik (tidak jujur), kurang terpelihara mentalnya bisa menjadi durjana.
6.    Panjang    :    Panjang dan luas pikirannya.

DADA
1.    Bidang (lebar)     :    Pemaaf, dapat menampung 1001 persoalan berat, ringan, baik buruk, penting tidak penting.
2.    Sempit    :    Sempit perasaannya, pelupa, ada kecenderungan melakukan pekerjaan kurang semestinya (kurang baik).
3.    Meringkus    :    Banyak pikirannya yang bukan-bukan (yang tidak berguna).
4.    Miring    :    Hatinya kurang baik, ada kecenderungan melakukan hal-hal yang merugikan/mencelakakan orang lain, senang berdusta (bohong) dan lemah pikirannya.
5.    Sempit bagian atasnya    :    Kurang baik hatinya, lagaknya seolah-olah dirinya seorang cerdik dan berilmu, sebenarnya banyak akalnya yang tidak semestinya.
6.    Sempit bagian atasnya    :    Lemah tenaga, lemah pula semangat, dan kemauannya. Ingin segala-galanya cukup tersedia baginya.
7.    Tegap (sedang)     :    Bijaksana, banyak akal dan pikirannya yang baik, bersih hatinya.

RUSUK (Tulang rusuk).
1.    Panjang    :    Suka bersolek, tapi malas, kaku dalam segala pekerjaan (canggung)
2.    Pendek    :    Canggung dalam bekerja, tetapi besar tekadnya (berani mati).
3.    Ukuran sedang    :    Banyak akal dan ide-idenya yang baik dan hatinya cerah.

LAMBUNG
1.    Besar    :    Kuat dalam bekerja, sentausa pula hati maupun pikirannya.
2.    Kecil    :    Lemah tenaga, kemauan dan pikirannya.
3.    Sedang    :    Luas pikirannya, lembut sikap maupun tingkah lakunya.

PERUT
1.    Kecil    :    Kurang suka bekerja berat, halus perasaannya, banyak akal pikirannya.
2.    Besar    :    Kuat bekerja, kuat daya dan semangatnya.
3.    Kaku membulat    :    Pikirannya wajar, lamban, hatinya polos lamban.
4.    Sedang    :    Bijaksana, luas pikirannya, suka merendah (rendah hati), sopan, dan ramah.
5.    Pipih    :    Tahan lapar, halus budi pekertinya dan cerah pikirannya.

PINGGUL (bokong)
1.    Besar     :    Kuat tekatnya, kuat tenaganya.
2.    Rata (tepos)     :    Kurang tenaga, senangnya serba dilayani, gemar memberi perintah (menyuruh).
3.    Runcing    :     Melambangkan pikiran yang kurang baik.
4.    Kecil     :    Kurang wajar akal pikirannya, teguh hati pendiriannya dan halus budi bahasanya.

PAHA
1.    Bulat Padat     :    Banyak tutur cakapnya, lembut hatinya.
2.    Panjang     :    Lincah geraknya, tetapi ada kecenderungan pada langkah yang kurang semestinya, bila tidak terkendalikan oleh mental terpelihara baik.
3.    Pendek     :    Kuat tenaga, besar semangat dan kemauannya bekerja.

TULANG KAKI
1.    Sedang     :    Kuat pikirannya, sopan sikap dan laku.
2.    Kuat kekar     :    Bijaksana, halus tingkah dan perasaannya.
3.    Condong ke dalam     :    Bawel besar kemauannya, tidak seimbang dengan tenaga kemampuannya.

TELAPAK KAKI
1.    Tebal sebelah     :    Watak tidak perdulian, nekad
2.    Halus bentuknya     :    Cekatan tingkah lakunya, halus menarik tutur katanya, kuat berjalan jauh.
3.    Tertelungkup      :    Hemat, cenderung pada sifat kikir.
4.    Sedang     :    Lembut hati, lembut pula akal pikiran dan sikapnya.
5.    Menengadah     :    Boros mengenai segala halnya.

CARA BERJALAN
1.    Tumit bergerak-gerak     :    Menyembunyikan pikiran dan perasaan kurang baik (tidak semestinya).
PUNGUNG
1.    Membungkuk     :    Tekun rajin dalam bekerja, pikiran cerah, hati bersih, bicaranya jelas.
2.    Tegak lurus     :     Gila pujian, pikirannya tidak bersahaja (tidak wajar).
3.    Sedang     :    Bijaksana dalam segala hal.

JEJAK (Langkah)
1.    Jarang     :    Mencerminkan hati yang kurang baik, pikirannya terlalu berliku-liku (tak lempang lurus), suka melukai perasaan orang.
2.    Sedang     :    Bijaksana, bersih hatinya, dan tangkas menghadapi segala soal.
3.    Cepat     :    Kurang cerdas, kurang kewaspadaannya.
4.    Terburu-buru     :    Kurang halus sikap dan tingkahnya dan lamban pikirannya.
5.    Menunduk+wajar     :    Halus budi pekertinya, banyak akal pikirannya yang berharga.

BULU
1.    Hanya tumbuh di dada     :    Kurang baik hatinya, agak tak tahu malu
2.    Bulu didada hampir
Mencapai punggung     :    Rajin bekerja, kuat bekerja.

MAKAN
1.    Cepat     :    Rajin bekerja, terlalu berani kurang pertimbangan dan sedikit ceroboh.
2.    Sambil cakap-cakap     :    Kurang panjang pikirannya, pendiriannya tidak tetap.
3.    Tenang menunduk     :    Berhati-hati dalam sikap dan tingkah lakunya.
4.    Sambil pandangannya
Liar kemana-mana     :    Serakah, rakus, durjana hatinya.
5.    Berceceran     :    Boros dalam segala-galanya.


WATAK MANUSIA MENURUT PENAMPILANNYA

Bentuk tubuh dan penampilan orang –seorang adalah berbeda-beda, istilahnya : Mangkrak, Ngatingkrak, Seging, dan Gentalo.
    Apabila berdasarkan penilaian tubuh anda tergolong
1.    Mangkrak    : Beratak kurang baik, isi dan syirik hatinya.
2.    Ngatingkrak    : Hatinya kurang baik, kurang jujur.
3.    Seging        : Hatinya baik, simpatik tingkah lakunya jujur hati dan lapang dada.
4.    Gentalo    : Suka (banyak) makan, agak malas bekerja.

SAUDARA EMPAT KE LIMA PANCER

    Ajaran para leluhur kita telah turun temurun, mengungkapkan adanya saudara empat ke lima pancer, yang sering terlupakan oleh manusia, padahal mereka adalah unsur –unsur persenyawaan yang bersama-sama lahir sehari dengan kita, sewaktu meninggalkan rahim ibunda melalui liang senggama atau menurut istilah Kawi (sanskerta) adalah marga hina.
    Adapun empat saudara dan kelima pancer itu (berjumlah lima) mempunyai nama-nama sendiri, yaitu : Mar dan Marti, Air kawah (tuba), Ari-ari (plasenta) darah dan pusar. Dan semuanya mempunyai tugas masing-masing dalam memangku tujuan menjaga keselamatan dan kesejahteraan kita, baik selaku umat manusia maupun makhluk hidup lainnya.
1.    Mar dan Marti    :    Mendampingi dan memelihara hidup dan menumbuhkan daya cipta.
2.    Kawah air tuba    :    Merawat badan, melahirkan hasrat kemauan.
3.    Ari-ari (plasenta)     :    Menaungi pernjalanan atau langkah hidup.
4.    Darah    :    Membantu tingkah dan mencipta keingginan atau cita-cita.
5.    Pusat (pusar)     :    Mendorong gerak dan gaya, mendatangkan keinginan.
Apabila ini semua dapat dipelihara dan diatur sebaik-baiknya, maka besarlah arti dan manfaatnya dalam menciptakan kesejahteraan hidup. Terutama dengan memperingatinya pada hari lahirnya.
Sebaiknya, apabila sengaja atau tidak disengaja kelima saudara yang bersama-sama lahir dengan kita itu, diabaikan (tidak dikenal, disayangi dan dipelihara), dan kita buktikan sendiri dialam perjalanan hidup kita sehari-hari. Bentuk cobaan-cobaannya sungguh bermacam-macam, umpamanya :
Menimbulkan mala petaka (rintangan), Kacaunya pikiran yang berguna, batalnya segala niat, melesetkan arah tujuan atau cita-cita, memporak-porandakan keinginan, berantakannya sebuah usaha atau ihtiar dan lain sebagainya.
Oleh sebab itu kita sebagai orang timur, yang sejak turun temurun sudah ditinggali ilmu sejati untuk menjaga keselamatan dan menciptakan kesejahteraan hidup, sepatutnyalah menjunjung tinggi ajaran para nenek moyang kita, terutama mempelajari mengakui dan memanfaatkan saudara empat dan kelima pancer itu demi kesejahteraan hidup kita untuk kini dan kelak.

Sejarah Saudara Empat dan Kelima Pancer :
Berdasarkan wejangan (pesan) para leluhur kita, diungkapkan tentang saudara empat dan kelima pancer dengan perincian dibawah ini :
    Ketika sang ibu mengandung sampai melahirkan bayi ia mengalami penderitaan yang bersifat demam, seperti ngilu seluruh tubuhnya atau dalam bahasa Jawa disebut emar, kecuali itu dirasakan pula seperti kejutan hati yang mengandung seribu perasaan tidak enak menjadi satu, sampai saat melahirkan bayi dari rahimnya. Menurut ungkapan nenek moyang kita, lahirnya bayi adalah bersama-sama saudara mudanya perempuan yang diberi nama/istilah Mar-Marti keluar dari bagian dalam badan, sekitar dada, bersamaan dengan waktu berpusatkan tenaga untuk mendorong keluarnya bayi, keluarlah terlebih dahulu lewat liang senggama sang ibu (vagina).
    Air tuba (kawah) yang kemudian disebut sadara muda bersifat putih, disusul lahirnya jabang bayi. Lalu menyusul ari-ari dibelakangnya berwarna kuning, kemudian disebut Adi ari-ari.
    Tahap berikutnya keluarlah darah, yang menjadi adik berwarna merah atau disebut saudara keempat.
    Pada waktu putus pusar, pusat berwarna hitam, disebut saudara kelima. Maka selesailah sudah lahirnya, saudara empat kelima pancer :
1.    Mar Marti
2.    Kakak kawah
3.    Adi ari-ari
4.    Darah
5.    Pusat (pusar)
Inilah 4 saudara ke 5 pancer yang lahir sama sehari, juga sama-sama lewat gerbang yang satu dan yang sama-sama lahir tapi tidak lewat gerbang yang satu itu.
Empat saudara dan kelima pancer yang ada tetapi, selalu terlupakan seolah-olah tak pernah ada, yang diakui maupun tidak, selalu mendampingi, menjaga, turut menunjang mengingatkan, menyelamatkan, membela memberikan jasa-jasanya kepada kita setiap saat tidak memandang kapan dan dimana dan dalam situasi dan kondisi apapun dan bagaimanapun yang juga dimiliki perasaan, kemauan, keampuhan, pengaruh, arti, kelemahan dan kekuatan, sifat baik dan sifat buruk yang kadangkala membantu kadang kala mengganggu kehidupan kita, merasa sedang bila diperhatikan, diakui adanya dan dihargai jasa-jasanya, dan bisa marah apabila diabaikan.
Nenek moyang kita mempunyai tradisi untuk mengadakan selamatan bertujuan mengakui adanya dan menghargai arti dan jasa-jasanya, mengerti kehendak dan kebutuhannya, dengan istilah umum yang disebut : Memule atau Memetri
Memule atau memetri saudara tua dan saudara muda, terdiri dari dua macam :
1.    Untuk saudara yang tidak keluar lewat marga-hina (vagina) berupa : Nasi tumpeng, pecel ayam, sayur menir, daging : daging burung, daging ikan dari kolam, daging hewan ternak, sayur mayur, bunga rampai, sirih yang bagus, pisang yang bagus, minyak wangi dan air gula kelapa dicampur santan kelapa, minyak sundul langit, tape, kerupuk singkong yang dibakar.
Pengokohnya : Logam Putih.
2.    Memule dan memetri saudara yang keluar bersama-sama satu hari lewat marga-hina (vagina) berupa : 5 nasi tumpeng dituangkan dalam takir-pontang, ikannya dari laut dan dari rawa-rawa, ikan sungai, gantal dengan supit menjadi satu bungkus bunga cempaka 5 pasang, pada tiap-tiap potong, dibubuhkan sepasang.
Pengokohnya berupa : Logam timah dituangkan satu persatu.
Nenek moyang kita zaman dahulu selalu yakin, percaya bahwa apabila setiap kali diadakan selamatan memule dan memetri dengan cara demikian kepada saudara empat kelima pancer itu, kesemuanya akan selalu membantu keselamatan dan kesejahteraan hidup siang maupun malam, tidak akan marah, masqul, kecewa, apabila diabaikan sehingga bisa menggangu dan mempersulit jalan kehidupan kita.
Bagi kita yang hidup di alam modern ini yang penting adalah kita mengakui adanya, dan mengakui bahwa saudara empat dan lima pancer mempunyai arti dan daya keampuhan membantu kita dan dapat memberikan pengaruh buruk bagi hidup kita apabila dperhatikan, kehadirannya di sekeliling kita masing-masing. Tidaklah mutlak bagi kita mengadakan selamatan seperti tersebut di atas. Apalagi jika diingat pada kehidupan dewasa ini, dimana ekonomi kita terasa tidak  memungkinkan untuk mengeluarkan biaya untuk selamatan yang tentu tidak sedikit jumlahnya. Cukuplah kiranya apabila kita tidak melupakan kehadirannya di sekeliling kita, dengan menyebut meminta bantuannya, tidak perduli kapan, dimana dan dalam keadaan apapun juga.
Kita sambut dan menyebut saudara empat kelima pancer itu waktu kita sedang makan, minum, mandi, berjalan, duduk, hendak tidur, hendak berhibur, bekerja istirahat, pendek kata kapanpun dan dimanapun mereka kita sebut minta bantuan dukungan supaya kita sehat sejahtera. Mencapai tujuan atau dapat selesai dengan tugas pekerjaan yang sedang dan akan kita lakukan.(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar