Sunday, September 25, 2011

Buta Ijo


Buta Ijo, biasanya membutuhkan wadal. Mereka butuh upah. Yang berbahaya, kalau sampai terluka hantu ini dpat melukai orang lain. Buta Ijo adalah hantu untuk pesugihan. Dia berbentuk raksaka berwarna hijau. Figur buta ijo jelas menakutkan. Tugas utamanya adalah mengambil uang dalam jumlah besar. Dia juga dipelihara oleh orang yang gemar kekayaan duniawi. Pemeliharaan buta ijo tak jauh berbea dengan thuyul. Buta ijo membutuhkan sesaji. Hantu ini juga didapat melalui tirakat. Orang yang memelihara buta ijo memang bisa kaya tiba tiba. Yang unik, pemeliharaan buta ijo biasanya menggunakan wadal atau tumbal. Ada tumbal yang berupaya nyawa seseorang.

Ritual Bersih Desa


Ritual bersih desa merupakan tradisi penghormatan kepada, yaitu hantu penunggu tempat angker. Kebetulan, di wilayah Klaten ada sebuah sumur yang dianggap keramat, lalu ditaburi bunga, di dekatnya dikutuki dengan pembakaran kemenyan. Tradisi berbau sakral dan animisme ini telah berlangsung bertahun - tahun. Ritual pembersihan sumur itu sering pula dinamakan Bersih Sendang. Bersih Sumur dan Bersi Sendang merupakan bentuk penyembahan pada hantu penunggu, agar air yang diminum, digunakan keperluan sehari hari tetap steril, jauh dari bibit penyakit. Upaya bersih lingkungan semacam ini memang dapat dinalar. (***)

Penunggu Tempat Keramat


Tempat keramat adalah wilayah suci, yang cara memasukinya menggunakan ritual tertentu. Tempat keramat biasanya dihuni oleh hantu hantu yang baik. Tempat keramat cukup beragam banyaknya. Tempat yang jarah dihuni atau digunakan orang, jelas menjadi kesukaan hantu. Begitu pula tempat yang ada kejadian khusus. Gubuk tua yang pernah dijadikan semadi, batu besar tempat bertapa, sumur mati, adan sebagainya adalah ladang hantu. Pesanggrahan di mana seorang raja atau orang penting pernah singgah, akan menjadi hunia hantu. Bahkan bangunan yang dulunya bekas kuburan pun masih dicintai hantu.

Kalau tak percaya, di hotel berbintang di DIY, disitu ada kijing tua yang tak dipindahkan, karena gedung itu bekas kuburan. Kijing itu kalau dipindahkan, akan kembali ke situ dengan sendirinya. (***)

Hantu


Hantu adalah bagian dari wilayah gaib. Figur hantu masih kontroversial. Karena, ada yang mampu melihat bleger (wujud) dan ada yang tak mampu melihatnya. Bagi yang mampu melihatnya, hantu tak berbeda dengan manusia. Hanya saja wujud hantu selalu seram. Tatapan mata kosong, tajam, sulit dipredksi, dan mengancam. Tentu saja subjektivitas masing-masing orang yang mampu berkomunikasi dengan hantu pun berbeda beda.

Tuah Sakti Cincin Keramat Abah Rahman

Abah Rahman meluncurkan produk olah batin bernama cincin keramat. Cincin ini telah diisi dengan kekuatan gaib di berbagai tempat keramat. ...